A. PEMBINAAN TUMBUH KEMBANG BALITA
Balita
merupakan periode yang paling kritis dalam menentukan kualitas SDM di mana
proses tumbuh kembang berjalan dengan pesat. Peranan orang tua dalam membina
tumbuh kembang balita sangat penting, karena kegagalan orang tua dalam mengasuh
dan mendidik anak akan berdampak buruk di kemudian hari, di sini yang dimaksud dengan
pertumbuhan anak balita adalah proses perubahan fisik seorang anak balita yang
ditandai dengan pertubuhan tinggi dan berat badan sesuai dengan umumnya. Agar
anak berkembang dengan baik amati kemampuan 7 aspek perkembangan yang dapat
dicapai anak sesuai dengan usianya, perkembangan yang baik ditandai dengan
bertambahnya kemampuan sesuai dengan bertambahnya umur.
Ketujuh aspek tersebut
meliputi :
1.
Gerakan kasar
Beberapa upaya dalam
pemantauan tumbuh kembang anak :
1.
Upaya yang harus dilakukan agar
anak berkembang dengan optimal :
a.
Mengetahui tahap perkembangan anak.
b.
Memenuhi kebutuhan anak akan
makan, kesehatan, pakaian, kasih sayang, rasa aman, perhatian dan
stimulasi/rangsangan.
c.
Melakukan interaksi dengan anak
dalam setiap kesempatan antara lain melalui dekapan, tatapan, belaian,
mendongeng dan menyanyi bersama anak.
2.
Cara melakukan stimulasi
perkembangan
a.
Stimulasi dilakukan dalam suasana
bermain yang menyenangkan.
b.
Melalui komunikasi efektif yaitu
cara interaksi untuk menangkap, memahami kebutuhan serta perasan anak,
diharapkan orang tua dapat memenuhi kebutuhan dan perasan anak.
c.
Komunikasi efektif sangat penting
bagi pertumbuhan dan perkembangan pribadi anak.
d.
Beri pujian bila anak berhasil
melakukan kegiatan stimulasi yang sesuai dengan usianya.
e.
Dalam melakukan stimulasi tidak
harus menggunakan alat permainan edukatif yang baku tetapi dapat menggunakan
alat-alat atau bahan yang terdapat dalam rumah tangga seperti kain, kertas,
majalah/koran, peralatan rumah tangga yang tidak berbahaya dan bahan alami yang
diperoleh di sekitar kita.
3.
Kemampuan yang harus dimiliki bayi
usia 0-1 tahun
a.
Gerakan aktif
1)
Menegakkan kepala.
2)
Duduk tanpa dibantu.
3)
Bangkit dan berdiri tanpa dibantu.
4)
Berjalan dengan dibantu/dibimbing.
b.
Gerakan halus
1)
Menggenggam benda dan memasukkan
ke dalam mulut atau memindahkan dari satu tangan ke tangan lain.
2)
Menjatuhkan dan memungut kembali
mainannya.
c.
Komunikasi pasif
1)
Menengok ke arah sumber bunyi
2)
Memberikan reaksi yang berbeda
terhadap bermacam-macam jenis suara.
3)
Mengerti perintah dan larangan
d.
Komunikasi aktif
1)
Mengeluarkan bunyi-bunyian baik
sedang sendiri atau kalau diajak bicara.
2)
Mencoba menyampaikan keinginan
dengan sendiri atau kalau diajak.
3)
Mencoba meniru bunyi/suara menurut
kemampuan anak.
e.
Kecerdasan
1)
Mengenal dan memberikan reaksi
yang berbeda pada orang yang berbeda.
2)
Memberikan reaksi pada pemerintah
yang sangat sederhana.
3)
Menirukan gerakan dan perbuatan.
f.
Menolong diri sendiri
1)
Menyuapkan makanan ke dalam mulut.
2)
Memegang gelas dengan 2 tangan
dibantu
g.
Bergaul
1)
Tersenyum secara spontan kepada
orang lain.
2)
Menaruh perhatian
B. PEMATANGAN PERKEMBANGAN ANAK
1. Bayi umur 0-30 hari
Pada umur 1 bulan, bayi sudah
dapat.
a. Menghisap ASI dengan baik.
b. Menggerakkan kedua lengan dan kaki secara
aktif sama mudahnya.
c. Mata bayi sesekali menatap ke mata ibu.
d. Mulai mengeluarkan suara.
2. Bayi umur 1-5 bulan
Pada umur 4 bulan, bayi sudah
bisa :
a. Menegakkan kepalanya pada saat tengkurap.
b. Menggenggam mainan yang disentuhkan pada
telapak tangannya.
c. Mengikuti gerakan anda dengan menggerakkan
kepalanya dari satu sisi ke sisi yang lain.
d. Membalas senyum.
3. Bayi umur 4-6 bulan
Pada umur 6 bulan, bayi sudah
bisa :
a. Berbalik dan terlentang ke telungkup atau
sebaliknya.
b. Meraih mainan yang berada dalam jangkauan
tangannya.
c. Menengok ke arah sumber suara, misalnya
sendok dipukul ke gelas/piring atau kerincingan.
d. Menari benda yang dipindahkan.
4. Bayi berumur 6-9 bulan
Pada umur 9 bulan, bayi sudah
bisa :
a. Duduk sendiri.
b. Memindahkan benda dari tangan satu ke
tangan yang lain.
c. Tertawa/berteriak bila melihat benda yang
menarik
d. Makan kue tanpa dibantu.
5. Bayi umur 9-12 bulan
Pada umur 12 bulan, bayi sudah
bisa :
a. Berjalan dengan pegangan.
b. Meraup benda kecil seperti kacang dengan
jari-jari tangannya.
c. Mengatakan dua suku kata yang sama.
d. Membedakan anda dengan orang yang belum
dikenal.
6. Anak umur 12-18 bulan
Pada umur 18, anak sudah dapat
:
a. Berjalan sendiri tanpa jatuh.
b. Memungut benda kecil seperti kacang dengan
ibu jari dan telunjuk.
c. Mengungkapkan keinginan secara sederhana.
d. Minum sendiri dari gelas tanpa tumpah.
7. Anak umur 18-24 bulan
Pada umur 24 bulan, anak sudah
bisa :
a. Berjalan mundur sedikitnya 5 langkah
b. Mencorat coret dengan alat tulis.
c. Menunjuk bagian tubuh dan menyebut
namanya.
d. Meniru melakukan pekerjaan rumah tangga.
8. Pada umur 2-3 tahun
Pada umur 3 tahun, anak sudah
bisa :
a. Berdiri dengan satu kaki tanpa berpegangan
sedikitnya dua hitungan.
b. Meniru membuat garis lurus.
c. Mengatakan keinginan sedikitnya dengan dua
kata.
d. Melepas pakaiannya sendiri.
9. Pada umur 3-4 tahun
Pada umur 4
tahun, anak sudah bisa :
a. Berjalan jinjit.
b. Membuat gambar lingkaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar